Review Lengkap Android L vs Windows Phone 8.1



Selama beberapa minggu ini Android L telah menjadi topik terhangat di kalangan mobile community. Tidak mengherankan  mengingat bahwa banyak perubahan yang diusung Android L dimulai dari desain, kinerja dan daya tahan baterai yang dikembangkan oleh banyak developer Google. Dilain hal windows phone 8.1 juga menarik perhatian para penggunanya dengan fitur Action Center dan Cortana dan dengan pengalaman browsing web dan penambahan pilihan personalisasi lainnya. Hasil dari kedua Operasi Sistem ini merupakan hal menarik yang patut diperbincangkan dalam perbedaan fitur-fiturnya.

Review ini dilansir via Phonearena dimana Android L berjalan pada perangkat Nexus 5 dengan versi Beta dan Windows Phone 8.1 berjalan pada perangkat Nokia Lumia, Mari kita ihat beberapa perbedaan diantara Operasi Sistem ini.

User Interface

Android dan Windows Phone merupakan perangkat dibuat dengan tujuan yang sama tapi mereka berdua melakukannya dengan cara yang berbeda. Android L memiliki user interface yang mengandalkan pintasan aplikasi, folder dan widget. Sementara Windows Phone 8.1 memiliki user interface yang disebut Live Tiles.

User Interface:



User Interface pada Android L berisi pintasan aplikasi , folder dan widget. Widget sendiri berisi fungsi untuk memberitahu waktu, memutar musik, menampilkan kondisi cuaca, tweeter, atau menampikan email baru. Pada Windows Phone 8.1 Live Tiles adalah gabungan antara Aplikasi, notifikasi serta widget yang disusun secara rapi dengan menggunakan Metro UI milik Windows Phone.

Untuk Bagian notifikasi, Android L dan Windows Phone 8.1 memiliki persamaan notifikasi pada umumnya. Namun yang perlu anda ketahui bahwa pada Android L menyusun notifikasi dari hal yang prioritas tinggi sampai yang terendah. Dan perbedaan keduanya ialah bahwa dengan Windows Phone 8.1 kita dapat menghapus notifikasi dari aplikasi yang kita inginkan atau bisa dihapus semuanya. Namun apa yang ada pada Windows Phone 8.1 tidak dimiliki Android L.
User Interface : Notifikasi:

Fitur Kostumisasi

Dalam hal kostumisasi Andorid L dirasa lebih unggul daripada pesaingnya. Bagaimana tidak , user dapat memilih berbagai macam jenis walpaper bergerak atau biasa, widget, merubah tampilan menggunakan launcher yang tersedia di play store atau menggunakan tampilan yang dikembangkan oleh pihak ketiga.

Di Windows Phone 8.1 kostumisasi tampilan sepertinya bukan hal mutlak, hal ini terlihat ketika kita ingin melakukan kostumisasi ialah hanya merubah warna-warna dasar dengan tampilan Metro UI saja dan kemampuan penambahan beberapa widget pada Live Tiles.
Fitur Kostumisasi:

















Telpon , Kontak, Pesan dan Keyboard

Pada Android L apilikasi telepon dan kontak dijadikan dalam satu aplikasi tunggal. Pada aplikasi ini kita dapat membuka log panggilan, panggilan terakhir, daftar favorit yang disusun secara rapi. Fitur search seperti biasa dapat mencari kontak telepon dan juga dapat tersambung ke google search untuk melakukan direktori bisnis terdekat.
Telepon dan Kontak:





Untuk aplikasi SMS Android L aplikasi SMS dinamakan Hangout yang melayani pengiriman SMS ataupun IM melalui layanan Google. Windows Phone 8.1 tetap mempertahan kan aplikasi SMS yang tidak tergabung dengan layanan lain, sehingga user tidak perlu repot untuk melakukan setting sana-sini.
SMS dan Keyboard:







Kamera dan Galeri

Windows Phone 8.1 menawarkan pengalaman menggunakan kamera dengan akses tombol cepat pada layat Live Tiles. Ada beberapa pengaturan yang dapat kita lakukan secara manual dan apabila kita memilih untuk mode lain kita dapat mengunduh di marketplace 

Andorid L sendiri memberikan Google Camera dalam setiap keperluan selfie anda. Termasuk panorama, Photo Sphere, HDR+ dan Lens Blur.

Android L menyajikan photo dalam galeri dengan style thumbnalis  dan Windows Phone 8.1 memiliki hal yang sama seperti galeri Android L. Windows Phone 8.1 sendiri , dan pada Windows Phone 8.1 setiap photo dibedakan atas tanggal diambil.
Kamera dan Galeri:











Kesimpulan


Windows Phones sekarang datang dengan berani dan tegas. Walau dianggap sebagai underdog OS namun beberapa perubahan diusung oleh microsoft. Namun design tetap terlihat kaku bagi sebagian orang dan ketersediaan aplikasi yang tidak sebanyak Android. 

Android sendiri datang dengan banyak perubahan design dan aplikasi. Banyak manfaat fitur dalam satu aplikasi dan user interface membaca sedikit aroma flat UI dan pilihan launcher akan tetap membawa Android ke dalam pilihan sebagian orang

via phonearena 
editor Ahmad Desrayen

Terima kasih telah membaca artikel tentang Review Lengkap Android L vs Windows Phone 8.1 di blog Tekno Koala jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

1 komentar :

windows phone sekarang makin menurun ya penggunanya

Balas